VISI

PALEMBANG EMAS 2018 yang mengandung makna Palembang Pemerintahan yang Amanah, Pemberdayaan Lembaga Masyarakat, Ekonomi Kerakyatan, Mandiri Bersih, Aman, Berkembang Pemerintah Bersih, Ekonomi, Kerakyatan, Religius dan Adil serta mewujudkan Palembang yang Elok, Metropolis, Beradad dan Sejahtera.

 

MISI

1. Mewujudkan pembangunan infrastruktur perkotaan yang terpadu, merata berkeadilan, berkelanjutan dan berwawasan lingkungan yang berbasis Teknologi dan Informasi.

 

Mengembangkan kawasan baru dan pembangunan ruang publik serta ruang terbuka hijau di setiap kecamatan dan kelurahan yang berwawasan lingkungan dan berkelanjutan.

Mengembangkan sistem dan manajemen pengelolaan sampah, sanitasi kawasan dan  perkotaan.

Mengembangkan perbaikan sistem drainase dan manajemen banjir dengan memperbanyak membuat kolam retensi dan normalisasi sungai.

Mengembangkan pembangunan sarana dan prasana transportasi intermoda yang terpadu untuk angkutan massal yang berbasis Teknologi dan informasi.

Mengembangkan keterpaduan jaringan jalan dan jembatan yang mendukung mobilitas barang dan jasa melalui penambahan kapasitas jalan dan jembatan.

Mengembangkan sarana dan prasarana penanggulangan bencana berbasis teknologi dan informasi.

2.   Mewujudkan masyarakat yang religius, berbudaya, beretika, melalui pembangunan budaya integritas yang didukung olehPemerintahan yang bersih, berwibawa dan profesional 

 

Mengembangkan kesadaran masyarakat dalam pengembangan program gotong royong dan subuh berjama’ah dengan memberdayakan pemuka agama dan tokoh masyarakat setempat. 

Mengembangkan kualitas pendidikan dengan membangun sekolah-sekolah unggulan di setiap kecamatan dan kelurahan. 

Mengembangkan kualitas pelayanan kesehatan tingkat pertama dan tingkat Ianjutan bagi masyarakat dengan membangun dan menjadikan seluruh puskesmas rawat inap yang terakreditasi paripurna dan membangun puskesmas pembantu diseluruh kecamatan di Kota Palembang.

Mengembangangkan kualitas dan kuantitas peribadatan, pendidikan keagamaan, sarana dan prasarana budaya serta mengantisipasi bahaya penyalahgunaan narkoba. 

Mengembangkan nilai-nilai etika masyarakat dan aparatur guna membangun daya kerja yang mendukung produktifvtas kerja tinggi dalam rangka pemberian pelayanan umum kepada masyarakat.

Mengembangkan sistem dan regulasi pembangunan budaya integritas pemerintah dan seluruh lapisan masyarakat. 

Mengembangkan pelaksanaan prinsip-prinsip penyelenggaraan kepemerintahan yang baik melalui Sistem reward dan punishment, sistem kepantasan (merit system) serta peningkatan akuntabilitas kinerja dan akuntabilitas keuangan. 

Mengembangkan peningkatan pendapatan asli daerah (PAD) melalui upaya intensifikasi, ekstensifikasi dan diversifikasi. 

Mengembangkan keterlibatan dan keberdayaan masyarakat dan swasta dalam penyelenggaraan pembangunan.

3. Mewujudkan Palembang Kota yang dinamis sebagai simpul Pembangunan Regional, Nasional dan Internasional yang Kompetitif dan Komparatif dengan menjamin rasa aman untuk berinvestasi 

 

Menjamin iklim investasi yang kondusif dari aspek hukum dan keamanan serta mengembangkan kerjasama investasi regional, nasional dan internasional Mengembangkan investasi sektor unggulan yäng kompetitif dan komparatif Mengembangkan pembangunan sarana dan prasarana yang mendukung investasi Mengembangkan jejaring kerjasama antara pemerintah dan swasta dan mendorong program Corporate Social Responsibility (CSR) untuk mengakselerasi kemajuan pembangunan Mengembangkan kawasan industri Gandus, Sukarami dan Karyajaya yang bersinergi dengan pengembangan kawasan ekonomi khusus (KEK) Tanjung Api-Api.

 

4.   Mewujudkan ekonomi kerakyatan yang inovatif dan kreatif serta berdaya saing tinggi 

 

Mengembangkan dan memperluas bantuan modal kepada masyarakat untuk mengembangkan usaha keluarga (home industry).

Mengembangkan usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) dan koperasi melalui lembaga keuangan di tingkat kelurahan, rukun warga (RW) dan rukun tetangga (RT) dengan memberikan fasilitas pinjaman tanpa agunan dan tanpa bunga.                  

Mengembangkan kualitas dan kuantitas pelatihan dan pendampingan untuk pengembangan usaha ekonomi kerakyatan Mengembangkan pemberdayaan pengelolaan dan penataan pasar tradisional menjadi pasar tradisional modern Mengembangkan dan memperluas usaha ekonomi kerakyatan, sentra kuliner dan sentra kerajinan rakyat di berbagai sektor guna menurunkan jumlah penduduk miskin, mengurangi pengangguran den memperluas kesempatan kerja serta meningkatkan pertumbuhan ekonomi. 

Mengembangkan hilirisasi yang mendukung potensi sektor unggulan Kota Palembang dan Sumatera Selatan. 

5.   Menjadikan Palembang Kota Pariwisata Sungai dan Budaya serta Event Olahraga kelas Dunia yang harmoni antara kehidupan manusia dan alam. 

 

Mengembangkan sistem transportasi sungai yang modern dan terpadu. 

Mengembangkan sarana dan prasarana kesungaian dan keolahragaan yang berkualitas. 

 

Mengembangkan pelaksanaan event-event internasional yang terkait dengan sungai dan olahraga. 

 

Membangun dan mengembangkan pusat pelatihan kesungaian dan olahraga betaraf internasional.